Zipay – eMoney UMKM

Syarat dan Ketentuan ZiPay

I. Definisi

    1. PT Max Interactives Technologies (untuk selanjutnya disebut ZiPAY) adalah perusahaan yang bergerak di bidang e-wallet dan e-commerce (perdagangan online) yang melayani pembelian produk online, pulsa, voucher, dan pembayaran tagihan (diantaranya : PLN, PDAM, BPJS, dan lain-lain) pada web dan/atau aplikasi ZiPAY.
    2. User atau Pengguna ZiPAY adalah Akun Normal, Akun terverifikasi dan/atau Konsumen pemakai produk dan/atau jasa baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga maupun orang lain dengan melakukan transaksi dengan memanfaatkan platform ZiPAY sebagai media belanja maupun media usaha. User dapat mendapat keuntungan apabila ZiPAY sedang mengadakan promo.
    3. User normal adalah golongan user yang mendaftar pertama kali pada ZiPAY dan belum lolos tahapan verifikasi secara penuh.
    4. User terverifikasi ZiPAY adalah golongan user yang telah melakukan verifikasi ZiPAY dan melakukan transaksi melalui platform ZiPAY yang sewaktu-waktu akan mendapatkan loyalti apabila ZiPAY sedang mengadakan promo.
    5. Aplikasi ZiPAY adalah perangkat lunak resmi yang dikeluarkan oleh PT Max Interactives Technologies.
    6. Kecurangan adalah segala bentuk tindakan yang dilakukan dengan sengaja atau dapat dikira sebelumnya oleh pengguna ZiPAY bahwa tindakan tersebut dapat menguntungkan diri sendiri dan/atau merugikan ZiPAY.
    7. Konsumen adalah orang yang membeli barang kepada user ZiPAY karena tidak memiliki handphone yang mampu mendownload ZiPAY atau hal lainnya.
    8. Pelanggaran adalah perilaku yang menyimpang untuk melakukan tindakan menurut kehendak sendiri tanpa memperhatikan Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
    9. Platform adalah perangkat lunak yang merupakan media bisnis portable yang digunakan sebagai media untuk berjualan serta bertransaksi produk online, pulsa, tiket transportasi, voucher, dan pembayaran tagihan.
    10. Produk adalah benda berwujud, pulsa, tiket transportasi, voucher, dan/atau pembayaran tagihan.
    11. Refund adalah suatu proses pengembalian sejumlah uang ke saldo ZiPAY untuk produk/jasa yang pernah dibeli tetapi dibatalkan, yang disebabkan karena adanya halangan dari ZiPAY dan/atau Pengguna itu sendiri.
    12. Rekening ZiPAY dengan nama PT MAX INTERACTIVES TECHNOLOGIES adalah nomor rekening yang digunakan oleh ZiPAY untuk proses tambah saldo yang dilakukan oleh Pengguna.
    13. Saldo adalah sejumlah uang elektronik yang disimpan pada ZiPAY untuk dapat melakukan transaksi di platform ZiPAY.
    14. Saldo aktual adalah saldo yang berasal dari isi saldo secara asli menggunakan uang asli.
    15. Saldo bonus adalah saldo yang didapatkan dari berbagai event, promosi, komisi, hadiah maupun apapun yang bukan berasal dari saldo aktual.
    16. Syarat & Ketentuan Pengguna adalah perjanjian antara ZiPAY dan Pengguna yang mengatur tentang hak, kewajiban, tanggung jawab ZiPAY dan Pengguna, serta tata cara penggunaan platform pada web dan/atau aplikasi ZiPAY.
    17. Web ZiPAY adalah situs resmi milik PT Max Interactives Technologies yaitu https://id.zipay.im dan zipay.id
    18. User yang baru mendaftar akan mendapatkan kode referral yang digunakan untuk memberikan referensi atau rekomendasi kepada calon user lainnya. Apabila user berhasil mengajak orang lain mendaftar sebagai user ZiPAY, maka user yang memberikan rekomendiasi akan mendapat keuntungan sesuai ketentuan saat itu.
    19. Merchant adalah pihak ketiga yang menyalurkanproduknya menggunakan ZiPAY.
    20. Downline adalah orang yang diundang oleh Pengguna ke ZiPAY menggunakan link/URL/QR akun kamu.
    21. OTP adalah One Time Password yaitu kode berupa 6-digit yang akan dikirimkan oleh pihak ZiPAY dan digunakan oleh user untuk melakukan pendaftaran ZiPAY ataupun melakukan transaksi.

       

II. Akun Terverifikasi

    1. Cara untuk dapat menjadi akun terverifikasi adalah dengan memberikan data diri pribadi yang sesuai menurut Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mengunggah foto KTP tersebut, pekerjaan, e-mail, nomor telepon dan lain sebagainya pada aplikasi.
    2. Data yang digunakan pada saat pendaftaran oleh calon akun terverifikasi harus valid (berlaku) dan sesuai kepemilikannya ZiPAY berhak menolak pendaftaran calon pengguna terverifikasi apabila data yang digunakan tersebut, tidak valid dan/atau tidak sesuai kepemilikannya.
    3. Apabila akun terverifikasi berhasil mendaftar di ZiPAY, tetapi di kemudian hari ditemukan bahwa Akun terverifikasi menggunakan identitas yang tidak dan/atau tidak sesuai kepemilikanya, ZiPAY berhak mengenakan sanksi terhadap Akun terverifikasi tersebut.
    4. ZiPAY tidak memungut biaya pendaftaran kepada Akun terverifikasi.
    5. Akun terverifikasi bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasian akun, password, dan OTP untuk semua aktivitas yang terjadi dalam Akun terverifikasi.
    6. ZiPAY tidak akan meminta password dan OTP akun Akun terverifikasi untuk alasan apapun, oleh karena itu ZiPAY menghimbau Pengguna agar tidak memberikan password akun Anda kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga maupun kepada pihak yang mengatasnamakan ZiPAY.
    7. Akun terverifikasi setuju untuk memastikan bahwa Akun terverifikasi keluar dari akun di setiap akhir sesi dan memberitahukan kepada ZiPAY jika ada penggunaan tanpa izin atas password atau akun Pengguna.
    8. Akun terverifikasi dengan ini menyatakan bahwa dan membebaskan ZiPAY dari segala tanggung jawab pidana dan/atau perdata atas kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Akun terverifikasi oleh pihak manapun.
    9. Akun terverifikasi yang diturunkan statusnya dapat kembali menjadi Akun terverifikasi ZiPAY dengan mendaftar pada ZiPAY berdasarkan Syarat & Ketentuan Pengguna yang berlaku ZiPAY tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Akun terverifikasi, memiliki kewenangan untuk melakukan tidakan atas setiap dugaan Pelanggaran yang dilakukan oleh Akun terverifikasi terhadap Syarat & Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia.
    10. Akun terverifikasi berhak untuk menjual produk menggunakan ZiPAY namun bukanlah represntasi dai ZiPAY dan tidak memiliki hak apapun untuk mewakili atau mengatasnamakan ZiPAY.
    11. ZiPAY memiliki kewenangan untuk menonaktifkan akun Akun terverifikasi baik sementara maupun permanen apabila menemukan adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi.

 

III.    Transaksi Pembelian

    1. User dan/atau Konsumen wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh ZiPAY.
    2. Saat melakukan pembelian produk, user dan/atau Konsumen menyutujui bahwa:
      2.2. User dan/atau Konsumen wajib untuk membaca, memahami, dan menyutujui informasi/deskripsi keseluruhan produk (termasuk di dalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum memutuskan untuk membeli.
      2.3. User dan/atau Konsumen mengetahui dan menyutujui bahwa kondisi tampilan produk yang terlihat pada web dan/atau aplikasi ZiPAY dapat berbeda dengan kondisi produk yang diterima. ZiPAY telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan akurasi kondisi produk dalam foto-foto yang ditampilkan pada web dan/atau aplikasi ZiPAY, tetapi tidak dapat menjamis kesamaan penampilan kondisi produk dengan aslinya.
    3. User dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa merchant bertanggung jawab atas ketersediaan stok produk. Terkait ketersediaan stok produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok produk kosong, maka merchant akan menolak pesanan.
    4. Pembayaran atas produk yang dimaksud dalam poin 3 (tiga) akan dikembalikan kepada User dalam bentuk saldo oleh ZiPAY (apabila dalam keadaan stok kosong atau pembayaran tagihan sedang gangguan), dan Konsumen berhak menerima pengembalian uang dari User.
    5. ZiPAY tidak bertanggung jawab atas segala transaksi oleh user dan/atau Konsumen di luar dari Syarat & Ketentuan ini.
    6. User dan/atau Konsumen tidak diperbolehkan untuk mengganti detail pemesanan termasuk diantaranya adalah detail produk (jenis, warna, ukuran), jumlah produk, catatan pembeli, dan alamat penerima untuk alasan apapun setelah pesanan diproses.
    7. ZiPAY berhak melakukan pembatalan pesanan untuk alasan apapun termasuk jika produk yang diminta tidak tersedia dan/atau ada kesalahan dalam harga atau deskripsi produk yang dipasang.
    8. ZiPAY berhak melakukan pembatalan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada User atas pesanan yang memiliki indikasi kecurangan yang dapat merugikan pihak ZiPAY.
    9. Apabila terjadi kondisi dimana status transaksi pada web dan/atau aplikasi ZiPAY terkonfirmasi sukses sehingga memotong saldo User, tetapi terjadi kegagalan pada penjualan di ZiPAY, maka User disarankan menghubungi Customer Support ZiPAY.
  1.  

 

IV. Harga

    1. Harga produk yang terdapat pada web dan/atau aplikasi ZiPAY adalah harga yang ditetapkan oleh ZiPAY dan merchant.
    2. Perubahan (update) harga dapat terjadi berdasarkan kebijakan merchant. Pengguna disarankan untuk mencermati harga final yang ditampilkan pada tahap akhir transaksi melalui web dan/atau aplikasi ZiPAY.
    3. Harga final adalah jumlah yang harus dibayar oleh Pengguna sesuai yang tertera secara jelas pada halaman.
    4. Dengan memasukkan OTP pada akhir transaksi, user setuju membayar harga final sebagaimana dijelaskan pada poin 3 (tiga).
    5. Apabila Pengguna tidak memperhatikan perubahan (update) harga sebagaimana dijelaskan pada poin 2 (dua), maka Pengguna bertanggung jawab penuh dan tidak akan menuntut ganti rugi kepada ZiPAY.
    6. ZiPAY dan merchant memahami dan menyetujui bahwa kesalahan tampilan yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab ZiPAY dan merchant. Dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan keterangan harga produk yang tidak disengaja, ZiPAY dan merchant berhak membatalkan pesanan produk yang dilakukan oleh Pengguna.

 

V. Tarif Pengiriman

    1. Pengguna dan Konsumen memahami dan mengerti bahwa ZiPAY akan memberikan informasi tarif pengiriman berdasarkan jasa ekspedisi yang dipakai sesuai dengan alamat yang telah dicantumkan.
    2. ZiPAY tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengiriman yang dilakukan oleh jasa ekspedisi terhadap alamat yang dicantumkan Pengguna.

 

VI. Pengiriman Produk

    1. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman produk adalah wewenang sepenuhnya jasa ekspedisi.
    2. Pengguna dan/atau Konsumen menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman produk oleh jasa ekspedisi merupakan tanggung jawab jasa ekspedisi.
    3. Pengguna dan/atau Konsumen menyetujui bahwa produk yang akan dikirim ke alamat pengiriman tidak dapat diubah ketika pesanan sudah dikonfirmasi. ZiPAY tidak bertanggung jawab atas kesalahan dan ketidaklengkapan alamat pengiriman yang mengakibatkan produk tidak diterima.
    4. Pengguna dan/atau Konsumen menyetujui bahwa ZiPAY tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman yang disebabkan oleh bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, serta kebakaran) dan faktor eksternal lain (huru hara, kerusuhan, pemberontakan, dan perang) yang mengganggu kelangsungan pengiriman produk, dalam hal ini disebut Force Majeure.
    5. Pengguna dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa ZiPAY tidak akan mengganti uang pemesanan jika Konsumen menyatakan pesanannya tidak diterima, tetapi jasa ekspedisi telah memiliki bukti bahwa pesanan tersebut telah diterima berupa tanda tangan dan nama jelas penerima.
    6. Lama pengiriman mengikuti ketentuan yang dtetapkan oleh merchant dan/atau jasa ekspedis.

 

VII.  Ketentuan Lain

    1. Apabila Pengguna menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada web dan/atau aplikasi ZiPAY, maka Pengguna dengan ini menyatakan, memahami, dan menyetujui segala Syarat & Ketentuan Pengguna yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut.
    2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk kepada Syarat & Ketentuan Pengguna secara umum.
    3. Segala selisih biaya yang ditimbulkan dari biaya pengiriman produk bukan merupakan tanggung jawab ZiPAY.
    4. Perpajakan yang timbul.
    5. Segala bentuk masalah dan/atau perselisihan yang timbul karena ketidaksepahaman antara Pengguna dan Konsumen bukan merupakan tanggung jawab ZiPAY.
    6. Semua informasi yang terdapat pada Syarat & Ketentuan ini serta semua ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk undang-undang informasu dan transaksi elektronik. Kecuali ditentukan lain oleh ZiPAY, semua materi yang dibuat dalam Syarat & Ketentuan ini bertujuan untuk memberikan mengenai ZiPAY, layanan yang disediakan dan materi yang dapat digunankan oleh Pengguna.

 

VIII.   Ganti Rugi dan Pengembalian Produk

    1. Pengguna akan melepaskan ZiPAY dari tuntutan dan ganti rugi, serta menjaga nama baik ZiPAY (termasuk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, yang dilakukan pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
    2. Produk yang dapat dikembalikan adalah produk yang berbeda sama sekali dengan yang dipesan dan/atau rusak pada saat diterima.
    3. Pengguna dan/atau Konsumen wajib langsung memeriksa produk yang diterima. Apabila terdapat kerusakan atau bukan merupakan produk yang dipesan, Konsumen wajib menghubungi Customer Support ZiPAY dalam waktu 1×24 jam setelah produk diterima.
    4. ZiPAY tidak bertanggung jawab atas pengembalian produk yang melewati ketentuan batas waktu pengajuan retur/pengembalian dari merchant.
    5. ZiPAY tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada pengemasan produk saat diterima, yang merupakan tanggung jawab jasa ekspedisi sepenuhnya.

 

IX. Larangan

    1. Pengguna dilarang untuk memalsukan identitas sebagai orang lain (mengatasnamakan ZiPAY/ mewakili ZiPAY/ mengaku sebagai karyawan ZiPAY), memalsukan identitas diri sebagai Pengguna, dan menggunakan nomor handphone atau alamat e-mail palsu.
    2. Pengguna tidak diperbolehkan menggunakan web dan/atau aplikasi ZiPAY untuk:
      2.1.     Mengirim informasi, teks, gambar, file, link, atau perangkat lunak kecuali yang berhubungan dengan penggunaan web secara resmi atau untuk menanggapi permintaan informasi spesifik oleh ZiPAY.
      2.2.     Menciptakan dan/atau menggunakan alat dan fitur otomatis yang bertujuan untuk memanipulasi data pada sistem ZiPAY, termasuk namun tidak terbatas pada (a) manipulasi data akun, (b) melakukan perambanan (crawling), atau (c) transaksi jual beli otomatis.
      2.3.     Memberikan virus, worm, trojan horse, dan/atau kode berbahaya lainnya.
      2.4.     Mendapatkan akses tidak resmi ke setiap sistem komputer milik ZiPAY.
      2.5.     Menciptakan atau menggandakan akun berkali-kali dengan cara yang ganjil, dan/atau mengeksploitasi atau menyalahgunakan akun-akun dengan tujuan untuk menghambat atau merugikan ZiPAY.
      2.6.     Menyerang, melanggar data privasi pribadi atau hak milik (termasuk hak atas kekayaan intelektual) dari setiap orang atau kelompok tertentu.
      2.7.     Memodifikasi atau memperoleh akses secara ilegal pada setiap komponen.
      2.8.     Melakukan hal-hal yang dapat merusak atau mencemarkan nama baik ZiPAY dan/atau pihak-pihak yang bekerja sama dengan ZiPAY.
      2.9.     Melaksanakan kegiatan penipuan.
      2.10.   Mengumpulkan informasi tentang Pengguna lain untuk alasan apapun, termasuk diantaranya namun tidak terbatas pada komunikasi komersial apapun yang tidak diinginkan Pengguna lain.
    3. ZiPAY berhak untuk menon-aktifkan akun Pengguna, menahan dan/atau mengurangi saldo Pengguna sebesar kerugian yang ditimbulkan apabila Pengguna telah terbukti melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan Pengguna dan/atau merugikan ZiPAY.

 

X. Hak Kepemilikan

    1. Pengguna dan/atau Konsumen mengakui dan menyetujui bahwa isi, materi, dan komponen lainnya (termasuk namun tidak terbatas pada logo, grafis, ikon, dan header) yang tersedia pada web dan/atau aplikasi adalah milik ZiPAY dan dilindungi oleh hak cipta, paten, merek dagang, service mark, hak milik, serta undang-undang.
    2. Pengguna dan/atau Konsumen menyetujui untuk tidak menjual, melisensikan, memodifikasi, mendistribusikan, menyalin, memperbanyak, mengirimkan, mempublikasikan tampilan, memperlihatkan kepada publik, menerbitkan, mengadaptasi, mengedit, atau membuat karya turunan dari isi atau materi yang terdapat pada web dan/atau aplikasi ZiPAY, kecuali melalui izin dan/atau perjanjian tertulis dengan ZiPAY.

 

XI. Sanksi

    1. Apabila user terverifikasi terbukti memalsukan identitas diri dan/atau melakukan kecurangan lainnya, ZiPAY memiliki kewenangan untuk mengenakan sanksi berupa termasuk namun tidak terbatas pada:
      1.1. Penghangusan saldo Pengguna bersangkutan;
      1.2. Non-aktivasi akun Pengguna bersangkutan;
      1.3. Pelaporan kepada pihak berwenang.
    2. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan melalui Customer Support ZiPAY mengenai sanksi yang dikenakan oleh ZiPAY.

BREAKING NEWS!!

Kepada para pengguna Zipay di seluruh Indonesia. Kami perlu melaporkan insiden kebakaran yang hari ini, 2 Des 2021 dimana Data Center Zipay berada. Saat ini selurh akses aplikasi masih terputus dan tim Teknologi Informasi sedang berjibaku memulihkan aplikasi Zipay.

 

Estimasi pemulihan akan terjadi dalam waktu 3 jam mulai dari saat pengumuman ini kami rilis. Oleh karenanya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan terima kasih atas kesabaran dan kebaikan seluruh pengguna Zipay yang masih terus membersamai kami.

 

Salam hormat,
Manajemen Zipay