SYARAT PENGGUNAAN ZiPAY

A. Definisi
1. PT Max Interactives Technologies (untuk selanjutnya disebut ZIPAY) adalah perusahaan yang bergerak di bidang e-wallet dan e-commerce (perdagangan online) yang melayani pembelian produk online, pulsa, voucher, dan pembayaran tagihan (diantaranya : PLN, PDAM, BPJS, dan lain-lain) pada web dan/atau aplikasi ZIPAY.
2. User atau Pengguna ZiPAY adalah Akun Normal, Akun terverifikasi dan/atau Konsumen pemakai produk dan/atau jasa baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga maupun orang lain dengan melakukan transaksi dengan memanfaatkan platform ZIPAY sebagai media belanja maupun media usaha. User dapat mendapat keuntungan apabila ZIPAY sedang mengadakan promo.
3. User normal adalah golongan user yang mendaftar pertama kali pada ZiPAY dan belum lolos tahapan verifikasi secara penuh.
4. User terverifikasi ZiPAY adalah golongan user yang telah melakukan verifikasi ZiPAY dan melakukan transaksi melalui platform ZIPAY yang sewaktu-waktu akan mendapatkan loyalti apabila ZIPAY sedang mengadakan promo.
5. Aplikasi ZIPAY adalah perangkat lunak resmi yang dikeluarkan oleh PT Max Interactives Technologies.
6. Kecurangan adalah segala bentuk tindakan yang dilakukan dengan sengaja atau dapat dikira sebelumnya oleh pengguna ZiPAY bahwa tindakan tersebut dapat menguntungkan diri sendiri dan/atau merugikan ZIPAY.
7. Konsumen adalah orang yang membeli barang kepada user ZiPAY karena tidak memiliki handphone yang mampu mendownload ZiPAY atau hal lainnya.
8. Pelanggaran adalah perilaku yang menyimpang untuk melakukan tindakan menurut kehendak sendiri tanpa memperhatikan Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
9. Platform adalah perangkat lunak yang merupakan media bisnis portable yang digunakan sebagai media untuk berjualan serta bertransaksi produk online, pulsa, tiket transportasi, voucher, dan pembayaran tagihan.
10. Produk adalah benda berwujud, pulsa, tiket transportasi, voucher, dan/atau pembayaran tagihan.
11. Refund adalah suatu proses pengembalian sejumlah uang ke saldo ZIPAY untuk produk/jasa yang pernah dibeli tetapi dibatalkan, yang disebabkan karena adanya halangan dari ZiPAY dan /atau Pengguna itu sendiri.
12. Rekening ZIPAY dengan nama PT. MAX INTERACTIVES TECHNOLOGIES adalah nomor rekening yang digunakan oleh ZIPAY untuk proses tambah saldo yang dilakukan oleh.
13. Saldo adalah sejumlah uang elektronik yang disimpan pada ZIPAY untuk dapat melakukan transaksi di platform ZIPAY.
14. Saldo aktual adalah saldo yang berasal dari isi saldo secara asli menggunakan uang asli.
15. Saldo bonus adalah saldo yang didapatkan dari berbagai event, promosi, komisi, hadiah maupun apapun yang bukan berasal dari saldo aktual.
16. Syarat & Ketentuan Pengguna adalah perjanjian antara ZIPAY dan Pengguna yang mengatur tentang hak, kewajiban, tanggung jawab ZIPAY dan Pengguna, serta tata cara penggunaan platform pada web dan/atau aplikasi ZIPAY.
17. Web ZIPAY adalah situs resmi milik PT Max Interactives Technologies yaitu https://id.zipay.im dan zipay.id
18. User yang baru mendaftar akan mendapatkan kode referral yang digunakan untuk memberikan referensi atau rekomendasi kepada calon user lainnya. Apabila user berhasil mengajak orang lain mendaftar sebagai user ZIPAY, maka user yang memberikan rekomendasi akan mendapat keuntungan sesuai ketentuan saat itu.
19. Merchant adalah pihak ketiga yang menyalurkan produknya menggunakan ZiPAY
20. Downline adalah orang diundang oleh Pengguna ke ZiPAY menggunakan link/URL/QR akun kamu.
21. OTP adalah One time password yaitu kode berupa 6-digit yang akan dikirimkan oleh pihak ZiPAY dan digunakan oleh user untuk melakukan pendaftaran ZiPAY ataupun melakukan transaksi.
B. Akun Terverifikasi
1. Cara untuk dapat menjadi akun terverifikasi adalah dengan memberikan data diri pribadi yang sesuai menurut Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mengunggah foto KTP tersebut, pekerjaan, e-mail, nomor telepon dan lain sebagainya pada aplikasi.
2. Data yang digunakan pada saat pendaftaran oleh calon akun terverifikasi harus valid (berlaku) dan sesuai kepemilikannya. ZIPAY berhak menolak pendaftaran calon pengguna terverifikasi apabila data yang digunakan tersebut, tidak valid dan/atau tidak sesuai kepemilikannya.
3. Apabila Akun terverifikasi berhasil mendaftar di ZIPAY, tetapi di kemudian hari ditemukan bahwa Akun terverifikasi menggunakan identitas yang tidak valid dan/atau tidak sesuai kepemilikannya, ZIPAY berhak mengenakan sanksi terhadap Akun terverifikasi.
4. ZIPAY tidak memungut biaya pendaftaran kepada Akun terverifikasi.
5. Akun terverifikasi bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun, password, dan OTP untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Akun terverifikasi.
6. ZIPAY tidak akan meminta password dan OTP akun Akun terverifikasi untuk alasan apapun, oleh karena itu ZIPAY mengimbau Pengguna agar tidak memberikan password akun Anda kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga maupun kepada pihak yang mengatasnamakan ZIPAY.
7. Akun terverifikasi setuju untuk memastikan bahwa Akun terverifikasi keluar dari akun di setiap akhir sesi dan memberitahukan kepada ZIPAY jika ada penggunaan tanpa izin atas password atau akun Pengguna.
8. Akun terverifikasi dengan ini menyatakan bahwa dan membebaskan ZIPAY dari segala tanggung jawab pidana dan/atau perdata atas kerugian dan/atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Akun terverifikasi oleh pihak manapun.
9. Akun terverifikasi yang diturunkan statusnya dapat kembali menjadi Akun terverifikasi ZIPAY dengan mendaftar pada ZIPAY berdasarkan Syarat dan Ketentuan Pengguna yang berlaku. ZIPAY tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Akun terverifikasi, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan atas setiap dugaan Pelanggaran yang dilakukan oleh Akun terverifikasi terhadap Syarat & Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia.
10. Akun terverifikasi berhak untuk menjual produk menggunakan ZiPAY namun bukanlah representasi dari ZiPAY dan tidak memiliki hak apapun untuk mewakili atau mengatasnamakan ZiPAY.
11. ZIPAY memiliki kewenangan untuk menonaktifkan akun Akun terverifikasi baik sementara maupun permanen apabila menemukan adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi.
C. Transaksi Pembelian
1. User dan/atau Konsumen wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh ZIPAY.
2. Saat melakukan pembelian produk, user dan/atau Konsumen menyetujui bahwa:
a. user dan/atau Konsumen wajib untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan produk (termasuk di dalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum memutuskan untuk membeli.
b. user dan/atau Konsumen mengetahui dan menyetujui bahwa kondisi tampilan produk yang terlihat pada web dan/atau aplikasi ZIPAY dapat berbeda dengan kondisi produk yang diterima. ZIPAY telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan akurasi kondisi produk dalam foto-foto yang ditampilkan pada web dan/atau aplikasi ZIPAY, tetapi tidak dapat menjamin kesamaan penampilan kondisi produk dengan aslinya.
3. User dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa merchant bertanggung jawab atas ketersediaan stok produk. Terkait ketersediaan stok produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok produk kosong, maka merchant akan menolak pesanan.
4. Pembayaran atas produk yang dimaksud dalam poin 3 (tiga) akan dikembalikan kepada User dalam bentuk saldo oleh ZIPAY (apabila dalam keadaan stok produk kosong atau pembayaran tagihan sedang gangguan), dan Konsumen berhak menerima pengembalian uang dari User.
5. ZIPAY tidak bertanggung jawab atas segala transaksi yang dilakukan oleh user dan/atau Konsumen di luar dari Syarat & Ketentuan ini.
6. Uuser dan/atau Konsumen tidak diperbolehkan untuk mengganti detail pemesanan termasuk diantaranya adalah detail produk (jenis, warna, ukuran), jumlah produk, catatan pembeli, dan alamat penerima untuk alasan apapun setelah pesanan diproses.
7. ZIPAY berhak melakukan pembatalan pesanan untuk alasan apapun termasuk jika produk yang diminta tidak tersedia dan/atau ada kesalahan dalam har3ga atau deskripsi produk yang dipasang.
8. ZIPAY berhak melakukan pembatalan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada User atas pesanan yang memiliki indikasi kecurangan yang dapat merugikan pihak ZIPAY.
9. Apabila terjadi kondisi dimana status transaksi pada web dan/atau aplikasi ZIPAY terkonfirmasi sukses sehingga memotong saldo User, tetapi terjadi kegagalan pada penjualan di ZiPAY, maka User disarankan menghubungi Customer Support ZIPAY.
D. Harga
1. Harga produk yang terdapat pada web dan/atau aplikasi ZIPAY adalah harga yang ditetapkan oleh ZIPAY dan merchant.
2. Perubahan (update) harga dapat terjadi berdasarkan kebijakan merchant. Pengguna disarankan untuk mencermati harga final yang ditampilkan pada tahap akhir transaksi melalui web dan/atau aplikasi ZIPAY.
3. Harga final adalah jumlah yang harus dibayar oleh Pengguna sesuai “Total Biaya” yang tertera secara jelas pada halaman “Detail Transaksi”.
4. Dengan memasukkan OTP pada akhir transaksi, user setuju untuk membayar harga final sebagaimana dijelaskan pada poin 3.
5. Apabila Pengguna tidak memperhatikan perubahan (update) harga sebagaimana dijelaskan pada poin 2, maka Pengguna bertanggung jawab penuh dan tidak akan menuntut ganti rugi kepada ZIPAY.
6. ZIPAY dan merchant memahami dan menyetujui bahwa kesalahan tampilan yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab ZIPAY dan merchant. Dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan keterangan harga produk yang tidak disengaja, ZIPAY dan merchant berhak membatalkan pesanan produk yang dilakukan oleh User.
E. Tarif Pengiriman
1. User dan Konsumen memahami dan mengerti bahwa ZIPAY akan memberikan informasi tarif pengiriman berdasarkan jasa ekspedisi yang dipakai sesuai dengan alamat yang telah dicantumkan.
2. ZIPAY tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengiriman yang dilakukan oleh jasa ekspedisi terhadap alamat yang dicantumkan User.
F. Pengiriman Produk
1. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman produk adalah wewenang sepenuhnya jasa ekspedisi.
2. User dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman produk oleh jasa ekspedisi merupakan tanggung jawab jasa ekspedisi.
3. User dan/atau Konsumen menyetujui bahwa produk yang akan dikirim ke alamat pengiriman tidak dapat diubah ketika pesanan sudah dikonfirmasi. ZIPAY tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau ketidaklengkapan alamat pengiriman yang mengakibatkan produk tidak diterima.
4. User dan/atau Konsumen menyetujui bahwa ZIPAY tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman yang disebabkan oleh bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, serta kebakaran) dan faktor eksternal lain (huru hara, kerusuhan, pemberontakan, dan perang) yang menganggu kelangsungan pengiriman produk.
5. User dan/atau Konsumen memahami dan menyetujui bahwa ZIPAY tidak akan mengganti uang pemesanan jika Konsumen menyatakan pesanannya tidak diterima, tetapi jasa ekspedisi telah memiliki bukti bahwa pesanan tersebut telah diterima berupa tanda tangan dan nama jelas penerima.
6. Lama pengiriman mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh merchant dan/atau jasa ekspedisi.
G. Ketentuan Lain
1. Apabila Pengguna menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada web dan/atau aplikasi ZIPAY, maka Pengguna dengan ini menyatakan, memahami, dan menyetujui segala Syarat dan Ketentuan Pengguna yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut.
2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada Syarat & Ketentuan Pengguna secara umum.
3. Segala selisih biaya yang ditimbulkan dari biaya pengiriman produk bukan merupakan tanggung jawab ZIPAY.
4. Perpajakan yang timbul
5. Segala bentuk masalah dan/atau perselisihan yang timbul karena ketidaksepahaman antara User dan Konsumen bukan merupakan tanggung jawab ZIPAY.
6. Semua informasi yang terdapat pada Syarat dan Ketentuan adalah benar pada saat dibuat dan ZIPAY memiliki hak penuh untuk mengubah, menambahkan dan/atau merubah informasi pada Syarat dan Ketentuan ini dari waktu-ke waku berdasarkan kebutuhan. Anda sepakat untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta semua ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk undang-undangan informasi dan transaksi elektronik. Kecuali ditentukan lain oleh ZIPAY, semua materi yang dibuat dalam Syarat dan Ketentuan ini bertujuan untuk memberikan mengenai ZIPAY, layanan yang disediakan dan materi yang dapat digunakan oleh Pengguna.
H. Ganti Rugi dan Pengembalian Produk
1. Pengguna akan melepaskan ZIPAY dari tuntutan dan ganti rugi, serta menjaga nama baik ZIPAY (termasuk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, yang dilakukan pihak ketiga yang timbul dalam hal User melanggar Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
2. Produk yang dapat dikembalikan adalah produk yang berbeda sama sekali dengan yang dipesan dan/atau rusak pada saat diterima.
3. User dan/atau konsumen wajib langsung memeriksa produk yang diterima. Apabila terdapat kerusakan atau bukan merupakan produk yang dipesan, Konsumen wajib menghubungi Customer Support ZIPAY dalam waktu 1x24 jam setelah produk diterima.
4. ZIPAY tidak bertanggung jawab atas pengembalian produk yang melewati ketentuan batas waktu pengajuan retur/pengembalian dari merchant.
5. ZIPAY tidak bertanggung jawab apabila terdapat kerusakan pada pengemasan produk saat diterima, yang merupakan tanggung jawab jasa ekpedisi sepenuhnya.
I. Larangan
1. User dilarang untuk memalsukan identitas sebagai orang lain (mengatasnamakan ZIPAY/ mewakili ZIPAY/ mengaku sebagai karyawan ZIPAY), memalsukan identitas diri sebagai Pengguna, dan menggunakan nomor handphone atau alamat e-mail palsu.
2. User tidak diperbolehkan menggunakan web dan/atau aplikasi ZIPAY untuk:
a.Mengirim informasi, teks, gambar, file, link, atau perangkat lunak kecuali yang berhubungan dengan penggunaan web secara resmi atau untuk menanggapi permintaan informasi spesifik oleh ZIPAY.
b.Menciptakan dan/atau menggunakan alat dan fitur otomatis yang bertujuan untuk memanipulasi data pada sistem ZIPAY, termasuk namun tidak terbatas pada (i) manipulasi data akun; (ii) melakukan perambanan (crawling); atau (iii) transaksi jual beli otomatis.
c.Memberikan virus, worm, trojan horse, dan/atau kode berbahaya lainnya.
d.Mendapatkan akses tidak resmi ke setiap sistem komputer milik ZIPAY.
e.Menciptakan atau menggandakan akun berkali-kali dengan cara yang ganjil, dan/atau mengeksploitasi atau menyalahgunakan akun-akun dengan tujuan untuk menghambat atau merugikan ZIPAY.
f.Menyerang, melanggar data privasi pribadi atau hak milik (termasuk hak atas kekayaan intelektual) dari setiap orang atau kelompok tertentu.
g.Memodifikasi atau memperoleh akses secara ilegal pada setiap komponen.
h.Melakukan hal-hal yang dapat merusak atau mencemarkan nama baik ZIPAY dan/atau pihak-pihak yang bekerja sama dengan ZIPAY.
i.Melaksanakan kegiatan penipuan.
j.Mengumpulkan informasi tentang Pengguna lain untuk alasan apapun, termasuk diantaranya namun tidak terbatas pada komunikasi komersial apapun yang tidak diinginkan Pengguna lain.
3. ZIPAY berhak untuk menon-aktifkan akun User, menahan dan/atau mengurangi saldo User sebesar kerugian yang ditimbulkan apabila User telah terbukti melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan Pengguna dan/atau merugikan ZIPAY.
J. Hak Kepemilikan
1. User dan/atau Konsumen mengakui dan menyetujui bahwa isi, materi, dan komponen lainnya (termasuk namun tidak terbatas pada logo, grafis, ikon dan header) yang tersedia pada web dan/atau aplikasi adalah milik ZIPAY dan dilindungi oleh hak cipta, paten, merek dagang, service mark, hak milik, serta undang-undang.
2. User dan/atau Konsumen menyetujui untuk tidak menjual, melisensikan, menyewakan, memodifikasi, mendistribusikan, menyalin, memperbanyak, mengirimkan, mempublikasikan tampilan, memperlihatkan kepada publik, menerbitkan, mengadaptasi, mengedit, atau membuat karya turunan dari isi atau materi yang terdapat pada web dan/atau aplikasi ZIPAY, kecuali melalui izin dan/atau perjanjian tertulis dengan ZIPAY.
K. Sanksi
1. Apabila user terverifikasi terbukti memalsukan identitas diri dan/atau melakukan kecurangan lainnya, ZIPAY memiliki kewenangan untuk mengenakan sanksi berupa termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Penghangusan saldo User bersangkutan;
b. Non-aktivasi akun User bersangkutan;
c. Pelaporan kepada pihak berwenang.
2. User dapat mengajukan pertanyaan melalui Customer Support ZIPAY mengenai sanksi yang dikenakan oleh ZIPAY.